Mursyidah SAg

Mursyidah, S.Ag. Lahir di Kepala Hilalang 19 Juni 1968. Menempuh jenjang pendidikan dasar (SD) di Kepala Hilalang tamat tahun 1981. Melanjutkan ke MTsN Kepala H...

Selengkapnya
Navigasi Web

KOLABORASI 3 GURU BAHASA (Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab) DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA I

Salah satu program ekstra kerikuler yang diunggulkan di MTsN 4 Padang Pariman adalah kegitan Rohani Islam. Yang lebih populer di kalangan siswa dengan sebutan ROHIS. Kegiatan ini diadopsi dari kegiatan keagamaan di satuan pendidikan non madrasah, seperti SMP.

Pada awalnya, kegiatan ini adalah kegiatan muhadharah (latihan berpidato atau berceramah) yang bersifat klasikal, dibawah bimbingan Guru Pembina muhadharah dan wali kelas masing-masing. Karena bersifat klasikal, tentu yang menikmati hanya warga kelas yang menggelar kegiatan saja. Selain itu, materi yang disampaikan tergantung kreatifitas siswa dan tema yang beragam.

Ketika terjadi pergantian Kepala Madrasah, kegiatan muhadarah ikut mengalami perubahan, seiring pembaruan yang dilakukan Kepala Madrasah yang baru. Kegiatan yang tadinya hanya di kelas, sekarang dipindahkan ke lapangan. Sehingga semua warga madrasah dapat menikmatinya. Alhasil, kegiatan ini mendapat respon positif dari seluruh kelas. Karena secara tidak langsung siswa sudah berkompetisi antar kelas. Walaupun materinya masih diserahkan kepada kebijakan masing-masing Wali Kelas.

Seiring waktu berjalan, ada tantangan untuk mengikuti lomba yang digelar oleh Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indenesia. Dimana setiap madrasah diminta mengirim peserta lomba, diantaranya lomba pidato. Sayangnya pidato yang diminta, disampaikan dalam tiga bahasa. Yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Sedangkan siswa yang diutus tidak dipersiapkan untuk itu.

Berangkat dari pengalaman lomba di atas, maka lahirlah kegiatan Rohis di MTsN 4 Padang Pariaman dengan memberdayakan guru ketiga bahasa dimaksud. Keterlibatan guru bahasa adalah melatih serta membimbing setiap siswa yang ditunjuk atau mengajukan diri, membawakan pidato atau ceramah dengan salah satu bahasa tersebut. Sedangkan guru PAI (Pendidikan Agama Islam), menyiapkan materi yang akan disampaikan siswa, dengan terlebih dahulu melalui proses transliterasi dari guru Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Sekarang kegiatan Rohis ini dikemas dalam satu paket kegiatan untuk sekali tampil, yang terdiri dari; 1 orang Pembawa Acara, 1 orang Pembaca atau Penghafal Al-Quran, 3 orang Pencerama /pidato tiga bahasa, dan grup Asmaul Husna. Satu paket ini adalah perwakilan masing-masing kelas yang digilir setiap minggunya.

Penulis bernama Mursyidah,S.Ag. Dilahiran di Kepala Hilalang 19 Juni 1968. Dipercaya sebagai guru mata pelajaran Bahasa Arab di MTsN 4 Padang Pariaman provinsi Sumatera Barat. Bisa dihubungi melalui alamat E-Mail saya [email protected]. Atau melalui WA saya 085218796299.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap diak...semoga masuk nominasi...

03 Apr
Balas

Mudah-mudahan kak. Masih dalam Baraja.

03 Apr

Ya Bunda... Keren...

03 Apr
Balas

SipTerimakasih i

03 Apr



search

New Post